Amankan, Segera!!!

Sepekan Yang Lalu, dunia tidaklah runtuh, tapi Allah Menegurku dan memberikan pelajaran berharga lewat sebuah kejadian.
Hard Disk Laptopku, rusak.....*hati sedih, tapi senyum tetap tersungging.
Yah, Hard Disk, rumah si data, tempat dimana saya menyimpan sepersekian dari memoriku.
Apalah daya tangan tak sampai,....(*eh, bukan.), apalah daya diri tak memiliki pengetahuan lebih tentang hal ini.
Hal pertama, langsung instropeksi diri, kadang diri begitu terlena saat bersama si Leno (nama laptopku,-red) dan mengundur waktu pertemuan dengan-Nya.
Jelasnya, banyak hal berharga yang bisa saya petik dari kejadian ini, termasuk juga seringnya diri menunda-nunda pekerjaan.

4 hari setelah uring-uringan.....

Keputusannya Leno harus ganti harddisk,
welcome back my Leno, come on, let's start from the zero point....^_^

hmmmm.....sedikit tips dan pelajaran dari kejadian ini, back up data sebelum semuanya hilang, simpan pada hard disk eksternal atau bisa juga mengamankan data penting anda di Internet. Caranya, saya ambil dari blog tetangga...^_^

Ada banyak cara membackup data di internet, antara lain yaitu:
A. Membackup data di draft pada e-mail
Membackup data di draft pada e-mail adalah cara yang paling mudah dilakukan. Anda hanya tinggal menyiapkan data-data Anda, jika file-filenya banyak maka lebih baik dikompres ke format RAR atau ZIP (menggunakan program WinRAR atau WinZIP). Selanjutnya buka e-mail dan masukan pada lampiran e-mail (attachment), lalu simpan di draft.
B. Membackup data di situs file sharing
Situs file sharing adalah situs yang menyediakan layanan tempat atau memori untuk menyimpan data-data seperti file dokumen, musik, video, gambar, program aplikasi, utility, dsb dan selanjutnya untuk dibagikan kepada orang lain dengan cara diberikan link untuk mendownload. Contoh situs file sharing yang populer adalah Ziddu, Rapidshare, dan Mediafire. Sebenarnya situs file sharing adalah layanan bukan untuk backup data tetapi data disimpan untuk dibagikan kembali kepada orang-orang yang diberikan link untuk mendownloadnya. Hanya saja di sini dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan data-data Anda dan jika suatu saat membutuhkan dapat Anda download.
C. Membackup data di situs backup online
Situs backup online adalah situs yang memang dikhususkan untuk menyimpan cadangan data-data saja tanpa dibagikan kembali kepada orang lain. Contoh situs backup online adalah IDrive, ADrive, iBackup, dan Xdrive.

Referensi : Buku ‘Data Hilang Kembali Dalam Sekejap (Recovery Data)’
Penulis : Duwi Priyatno
Penerbit : Media Kom Yogyakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Berharga daripada Berlian dan Mutiara

Memilikimu.....*Copas Tere Liye

Embun akan tetap menguap...